HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Nur Baeti Wahyu Ningrum, 1401416268 (2021) HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416268 - Nur Baety.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran dan kebutuhan kehidupan sehari-hari, diperlukan pembelajaran yang dapat membekali siswa dalam suatu kemampuan untuk dapat berfikir aktif dan kreatif. Keaktifan belajar dan kemandirian belajar sangat penting dilakukan. Namun pada kenyataannya, keaktifan belajar dan kemandirian belajar siswa masih kurang optimal dan hasil belajar IPS masih rendah. Tujuan peneliti melakukan penelitian untuk menguji hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS, kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS serta keaktifan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang sejumlah 108 siswa menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi varibel bebas yaitu keaktifan belajar dan kemandirian belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan uji prasyarat data yang diperoleh yaitu data normal, data linier dan tidak terjadi multikolinieritas. Teknik analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,803 yang lebih besar dari 0,176 berada pada kategori sangat kuat dan kontribusi yang diberikan sebesar 64,6%. (2) Terdapat hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,661 yang lebih besar dari 0,176 berada pada kategori kuat dan berkontribusi sebesar 43,6%. (3) Terdapat hubungan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,822 yang lebih besar dari 0,176 berada pada kategori sangat kuat serta berkontribusi sebesar 67,5%. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan antara keaktifan belajar dengan hasil belajar IPS; terdapat hubungan antara keaktifan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Saran dari penelitian ini, siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemandirian belajar siswa agar hasil belajar lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; keaktifan belajar; kemandirian belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:19
Last Modified: 24 Sep 2021 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46762

Actions (login required)

View Item View Item