SURVEI PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KOTA SEMARANG TAHUN 2019


FAJAR SHIDIQ, 6102413022 (2020) SURVEI PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KOTA SEMARANG TAHUN 2019] PDF (SURVEI PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB KOTA SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani adaptif penting untuk anak tunagrahita. Pendidikan jasmani adaptif untuk anak tunagrahita dapat menunjukkan pada masyarakat bahwa mereka juga dapat hidup seperti anak-anak yang normal, dan berprestasi melalui bakat-bakat yang dimilikinya. Akan tetapi pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dilakukan secara bersamaan, sehingga jumlah peserta didik menjadi lebih banyak dari jumlah yang ditetapkan, selain itu sarana prasarana dan media pembelajaran yang kurang memadai sehingga guru pendidikan jasmani adaptif selain harus mampu menginovasi media pembelajaran juga harus kreatif dalam penggunaan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak tunagrahita di SDLB Kota Semarang tahun 2019. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SLB Negeri Semarang dan SLB Swadaya Semarang. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru pendamping, dan guru pendidikan jasmani. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan berupa: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian diketahui bahwa proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan SLB Negeri Semarang dan SLB Swadaya Semarang sesuai dengan tujuan dari pendidikan jasmani adaptif salah satunya yaitu mengembangkan keterampilan gerak yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari secara mandiri. Kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif telah mencakup sebagian kebutuhan siswa meskipun guru pendidikan jasmani harus bekerja keras dikarenakan jumlah siswa yang banyak. Proses pembelajaran penjas adaptif terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan pembelajaran, tahapan pelaksanaan pembelajaran, dan tahapan evaluasi pembelajaran dengan menyesuaikan kondisi, keadaan,dan kemampuan pada anak tunagrahita. Saran untuk pihak sekolah agar menambah tenaga guru pendidikan jasmani. Dan saran untuk guru pendidikan jasmani agar lebih mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani Adaptif, Anak Tunagrahita
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:10
Last Modified: 23 Sep 2021 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46754

Actions (login required)

View Item View Item