KEEFEKTIFAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS PIERE TENDEAN KALIWUNGU KENDAL


M. Dhiky Prabowo, 1401416263 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS PIERE TENDEAN KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416263 - M Dhiky.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Piere Tandean Kendal didapat bahwa hasil belajar muatan IPS kurang maksimal ditunjukkan dengan penilaian akhir semester satu 52,76% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal tersebut dikarenakan model yang digunakan oleh guru yakni Direct Instruction belum optimal, cenderung menggunakan model dalam pembentukkan kelompok belajar secara berpasangan dengan anggota 4-5 siswa yang masih homogen. Sehingga perlu adanya perlakuan yaitu penerapan model Inside Outside Circle karena model tersebut dapat menciptakan kegiatan kerja kelompok menjadi lebih efektif dan melatih siswa untuk mengkomunikasikan materi kepada siswa yang lain serta memungkinkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Inside Outside Circle berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar muatan IPS. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Piere Tandean Kendal dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Nolokerto 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan Independent Sample T-test, N-gain, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Inside Outside Circle berbantuan media flashcard efektif digunakan pada muatan IPS materi kerajaan Hindu, Budha dan Islam dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa thitung adalah 2,263, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,999. Thitung lebih besar dari ttabel (2,263 > 1,999) yang menunjukkan model Inside Outside Circle berbantuan media flashcard lebih efektif terhadap hasil belajar IPS. Hasil uji N-gain untk kelas kontrol sebesar 0,29524 yang menunjukkan peningkatan yang rendah, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,48665 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Simpulan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPS dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle sebaiknya memperhatikan beberapa hal yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu ketika siswa melakukan kerja kelompok sehingga pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, model Inside Outside Circle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:32
Last Modified: 23 Sep 2021 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46750

Actions (login required)

View Item View Item