PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES


Ettania Agustina, 6101417049 (2020) PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES] PDF (PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pandemi Covid-19. Pemerintah khususnya di Indonesia melakukan segala upaya untuk memutuskan penyebaran virus corona diantaranya social distancing, kebijakan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Sektor pendidikan melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Penjasorkes merupakan salah satu mata pelajaran yang terdampak dari pembelajaran daring. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran penjasorkes dalam situasi pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI SMA N 1 Paguyangan. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran penjasorkes yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam situasi pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI SMA N 1 Paguyangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Memeriksa keabsahan data dengan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dijelaskan oleh guru penjasorkes SMA N 1 Paguyangan meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran siswa kelas XI SMA N 1 Paguyangan yang berjumlah 220 siswa. Proses perencanaan yang dilakukan guru penjasorkes meliputi pembuatan silabus, RPP, bahan ajar, mempersiapkan media, dan instrumen penilaian yang disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19. Proses pelaksanaan pembelajaran penjasorkes dilaksanakan secara asynchronous yaitu dengan bantuan aplikasi google classroom. Proses penilaian yang dilakukan tetap menggunakan tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor. Kesimpulan dari proses pembelajaran penjasorkes dalam situasi pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI SMA N 1 Paguyangan yaitu: proses perencanaan sudah dalam kategori baik karena guru telah menyiapkan semua perangkat pembelajaran, proses pelaksanaan dalam kategori baik walaupun pembelajaran penjasorkes terlaksana namun masih ada beberapa kendala yang belum mendapatkan solusinya, untuk proses penilaian sudah dalam kategori baik karena penilaian tetap memuat tiga aspek yang berbeda hanya saja cara dalam menilainya. Saran yang diberikan yaitu: dalam pelaksanaan proses pembelajaran penjasorkes lebih baik dengan mengkombinasikan kegiatan asynchronous dan synchronous, guru lebih kreatif, memanfaatkan media sosial, dan penelitian dapat dilakukan dalam ruang lingkup yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, penjasorkes, Covid-19
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:53
Last Modified: 23 Sep 2021 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46743

Actions (login required)

View Item View Item