PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TTW (THINK TALK WRITE) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII DI KOTA SEMARANG


Novita Kusumadewi, 2303416007 (2020) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TTW (THINK TALK WRITE) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TTW (THINK TALK WRITE) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII DI KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TTW (THINK TALK WRITE) DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTS KELAS VII DI KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Problematika pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab masih banyak ditemukan dari siswa MTs kelas VII. Hal ini disebabkan karena siswa masih bingung dengan apa yang akan mereka tulis, siswa merasa kesulitan mengembangkan idenya menjadi sebuah karangan dan belum mampu berpikir kreatif dan kritis dalam melahirkan ide-ide yang dituangkan dalam keterampilan menulis. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan suatu metode yang mendorong kemampuan siswa dalam mengembangkan idenya serta meningkatkan berpikir kritis. Salah satunya yaitu metode pembelajaran berbasis TTW (Think Talk Write) dan discovery learning. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu, (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa, (2) bagaimana prototipe metode pembelajaran, (3) bagaimana validasi ahli terhadap prototipe metode pembelajaran, dan (4) bagaimana revisi desain terhadap prototipe metode pembelajaran berbasis TTW (Think Talk Write) dan discovery learning untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Adapun, desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan ke lima. Lima tahapan yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan metode pembelajaran berbasis TTW (Think Talk Write) dan discovery learning untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII. Kedua, prototipe metode pembelajaran mencakup latar belakang, landasan teori, karateristik metode, langkah-langkah pembelajaran, KI/KD, indikator pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran tiap tema baik untuk guru maupun siswa, dan pedoman penilaian setiap materi. Ketiga, penilaian prototipe metode pembelajaran berbasis TTW (Think Talk Write) dan discovery learning meliputi penilaian dari tiga aspek, yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa yang memperoleh nilai rata-rata 88,11 (sangat layak). Keempat, saran perbaikan dari validator meliputi: perbaikan sampul depan, penambahan sampul belakang, penambahan rujukan pengambilan KI/KD, perbaikan tanda baca, istilah, dan susunan kalimat, penambahan teori discovery learning serta perbaikan lay out header footer. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode pembelajaran berbasis TTW (Think Talk Write) dan discovery learning untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VII yang peneliti kembangkan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Metode Pembelajaran, TTW (Think Talk Write), Discovery Learning
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:24
Last Modified: 22 Sep 2021 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46724

Actions (login required)

View Item View Item