KOREOGRAFI TARI SABUK JANUR PADA PAGUYUBAN SENDANG WARINGIN DI KABUPATEN KARANGANYAR


Syarifah Purti Wardhani, 2501416057 (2020) KOREOGRAFI TARI SABUK JANUR PADA PAGUYUBAN SENDANG WARINGIN DI KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOREOGRAFI TARI SABUK JANUR PADA PAGUYUBAN SENDANG WARINGIN DI KABUPATEN KARANGANYAR] PDF (KOREOGRAFI TARI SABUK JANUR PADA PAGUYUBAN SENDANG WARINGIN DI KABUPATEN KARANGANYAR)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Koreografer ingin memberikan informasi sejarah sumber air Dukuh Ngringin berupa karya Tari Sabuk Janur kepada generasi muda Karang Taruna Paguyuban Sendang Waringin. Tari Sabuk Janur memiliki dua peran tokoh yaitu tokoh Kiongkong dan Kyai dalam memecahkan masalah kekeringan pada sejarah sumber air. Keunikan dari Tari Sabuk Janur terletak pada tata busana dan gerak, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji Koreografi Tari Sabuk Janur pada Paguyuban Sendang Waringin. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalsis Koreografi Tari Sabuk Janur pada Paguyuban Sendang Waringin di Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan koreografi dan etik emik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan data Hasil temuan dan pembahasan pertama proses koreografi meliputi terbentuknya ide dari sejarah sumber air, eksplorasi percobaan gerak Kiongkong dan Kyai, improvisasi gerak kebebasan lebih mengarah gerak Kyai dan komposisi mengenai penyesuaian gerak kepada penari. Kedua, bentuk koreografi meliputi elemen-elemen Tari Sabuk Janur meliputi tema imitative, gerak Kyai dan Kiongkong, iringan berlaras pelog, tata rias wajah karakter, tata rias busana warna pakem merah,hitam dan putih, penari 25 orang, properti pecut, tata panggung lapangan. Faktor pendukung koreografi adanya Suwarto yang membantu saat menciptakan gerak dan ketukan iringan, faktor penghambat koreografi membutuhkan waktu pembuktian mengenai sejarah dalam waktu tiga tahun. Simpulan penelitian Koreografi Tari Sabuk Janur pada Paguyuban Sendang Waringin di Kabupaten Karanganyar yaitu peneliti mengetahui langkah-langkah dalam penciptaan Tari Sabuk Janur mulai dari proses, bentuk Tari Sabuk Janur dan faktor penghambat serta faktor pendukung Koreografi Tari Sabuk Janur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Koreografi, Tari, Sabuk Janur
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:14
Last Modified: 22 Sep 2021 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46721

Actions (login required)

View Item View Item