NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI REVOLUSI MENEGAKKAN PANJI-PANJI NKRI KELAS XI SMA NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Yuli Dwi Dayani, 3101416036 (2020) NILAI-NILAI PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI REVOLUSI MENEGAKKAN PANJI-PANJI NKRI KELAS XI SMA NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsii - yuli dwi dayani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya konflik-konflik di Indonesia dengan mengatasnamakan perbedaan suku, agama, ras, maupun budaya�budaya. Sesuai kondisi lingkungan SMA Negeri 1 Pabelan dengan tingkat keberagaman yang cukup tinggi juga, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penanaman nilai-nilai pluralisme dalam pembelajaran sejarah materi revolusi menegakkan panji-panji NKRI pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pabelan tahun pelajaran 2019/2020, (2) bagaimana pemahaman mengenai nilai�nilai pluralisme dalam pembelajaran sejarah materi revolusi menegakkan panji�panji NKRI pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pabelan, (3) bagaimana hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme dalam pembelajaran sejarah materi revolusi menegakkan panji-panji NKRI pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pabelan. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Pabelan dengan subyek penelitian siswa-siswi SMA Negeri 1 Pabelan kelas XI.IPA.2, XI.IPS.2, dan XI.IPS.3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah dengan trianggulasi teknik, trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara terus menerus mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai pluralisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pabelan dilakukan secara operasional dengan menyisipkan nilai yang terkandung dibalik peristiwa sejarah dan dikaitkan dengan lingkungan siswa. Nilai pluralisme juga tercermin pada aktivitas siswa di sekolah. Penyajian gambaran peristiwa sejarah di masa lampau agar mudah dimengerti oleh siswa di masa sekarang agar makna peristiwa mudah tersampaikan menjadi hambatan dalam penanaman nilai pluralisme. Saran dari peneliti yaitu: (1) adanya pemasangan slogan pluralisme di koridor sekolah sebagai pengingat warga sekolah agar selalu mencerminkan sikap pluralisme dalam beraktivitas, (2) pemilihan media pembelajaran sejarah sebaiknya lebih disesuaikan dengan topik pluralisme, (3) masih terbuka luas bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji penanaman nilai pluralisme dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, Pembelajaran Sejarah, Revolusi
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:04
Last Modified: 22 Sep 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46704

Actions (login required)

View Item View Item