HUBUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG 2019


Sarifah Nur Aeni, 3201415015 (2020) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSII - sarifah nuraeni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan sampah di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang masih belum dilakukan dengan baik. Ada 54% kepala keluarga masih membuang dan membakar sampah di pekarangan rumah, hal itu berdampak negatif baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pembelajaran masyarakat dalam sosialisasi pengelolaan sampah, perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah dan mengetahui hubungan pemebelajaran dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. Populasi penelitian ini adalah kepala keluarga di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang yaitu sebanyak 3.659 Kepala Keluarga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10%, diperoleh sampel sebanyak 97 responden. Variabel penelitian ini yaitu pembelajaran pengelolaan sampah dan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. Alat dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan (1) pembelajaran pengelolaan sampah yang diikuti masyarakat termasuk dalam kategori sedang, dengan modus sebesar 39 berada dikategori sedang. (2) Perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah termasuk dalam kategori cukup baik, modus msebesar 52 pada kategori cukup baik. (3) Ada hubungan positif yang sangat tinggi sebesar 0,968 antara pembelajaran pengelolaan sampah dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Kesimpulan penelitian ini adalah hubungan pembelajaran dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah sangat tinggi yaitu sebesar 0,968. Pembelajaran pengelolaan sampah berbanding lurus dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah, dibuktikan dengan pembelajaran masyarakat dalam kategori sedang dan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah dalam kategori cukup baik. Masyrakat memperhatikan materi yang dijelaskan, mempertanyakan materi yang belum dipahami, mempraktikan dan memperhatikan tayangan video. Masyrakat sudah sadar pentingnya memindah sampah dari rumah ke tempat pembuangan sampah sementara. Saran penelitian ini yaitu (1) masyarakat yang belum aktif sabaiknya lebih aktif mengikuti pembelajaran dengan cara lebih sadar pentingnya pembelajaran pengelolaan sampah dan narasumber harus lebih aktif berinteraksi dengan masyarakat supaya masyarakat lebih antusias mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir. (2) masyarakat yang belum mengelompokan sampah sebaiknya mengelompokan sampah menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik dengan menggunakan wadah seadanya seperti kresek bekas, ember cat, ban bekas dan atau keranjang sampah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Pembelajaran, Pengelolaan Sampah, Perilaku.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:56
Last Modified: 22 Sep 2021 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46703

Actions (login required)

View Item View Item