KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN GUGUS FATMAWATI KOTA SEMARANG


Nimas Gandasari, 1401416153 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN GUGUS FATMAWATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN GUGUS FATMAWATI KOTA SEMARANG] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV SDN GUGUS FATMAWATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar di kelas IV SDN Gugus Fatmawati Semarang diperoleh hasil belajar PPKn yang kurang maksimal dikarenakan model yang digunakan oleh guru belum dilaksanakan secara optimal serta kurang memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway terhadap hasil belajar PPKn serta mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desgin. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gugus Fatmawati Kota Semarang yang berjumlah 142 peserta didik dan yang menjadi sampel sebanyak 76 peserta didik kelas IV yang terdiri dari 38 peserta didik SDN Pedurungan Kidul 03 sebagai kelas eksperimen dan 38 peserta didik kelas IV SDN Gemah sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan adalah pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis dicari menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dan uji peningkatan rata-rata (N-Gain), dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem-based learning berbantuan microsoft sway efektif digunakan pada pembelajaran PPKn materi keragaman budaya di Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,845569 > ttabel = 1,9925 maka Ho ditolak yang berarti model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway lebih efektif terhadap hasil belajar PPKn. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,42391304 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,08634 dengan kategori rendah. Pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 72% dibandingkan kelas kontrol yaitu 50%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway efektif digunakan pada pembelajaran PPKn dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: problem-based learning; microsoft sway; hasil belajar; keefektifan; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:46
Last Modified: 22 Sep 2021 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46700

Actions (login required)

View Item View Item