PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WRINGIN PUTIH 02 KAB.SEMARANG


Ana Ulfah, 1401416151 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WRINGIN PUTIH 02 KAB.SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WRINGIN PUTIH 02 KAB.SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MUATAN PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WRINGIN PUTIH 02 KAB.SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Muatan pelajaran IPS di SD kelas IV pada tema 1 adalah materi yang membahas tentang keanekaragaman Budaya di Indonesia. Berdasarkan hasil instrumen penelitian ditemukan bahwa guru kelas belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran IPS dan hanya menggunakan buku guru, buku siswa, buku IPS Terpadu sebagai buku bacaan materi, gambar yang tertempel di dinding kelas dan globe. Hal tersebut berdampak pada minat peserta didik terhadap pelajaran IPS kurang dan berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif berbasis adobe flash. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan model Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Wringin Putih 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wringin Putih 02 Kab.Semarang dan sudah dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik tes dan nontes berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan multimedia interaktif berbasis adobe flash mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli media sebesar 89,16% dan ahli materi sebesar 87,50% dengan kriteria sangat layak. Pada hasil tanggapan peserta didik dan guru menunjukan persentase 91,0% dan 93,0% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji keefektifan media, terdapat peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik yang memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,667 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain 0,502 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Simpulan penelitian adalah multimedia interaktif berbasis adobe flash layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan multimedia interaktif berbasis adobe flash pada proses pembelajaran lain dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan dan digunakan sesuai dengan panduan penggunaan multimedia interaktif berbasis adobe flash. Kata kunci: Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:34
Last Modified: 22 Sep 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46697

Actions (login required)

View Item View Item