PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN MRANGGEN 4


Firda Ulfiya, 1401416148 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN MRANGGEN 4. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN MRANGGEN 4] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS ADOBE ANIMATE CC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN MRANGGEN 4) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan pemanfaataan fasilitas sekolah menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Hal tersebut berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan Media Interaktif Flipbook Berbasis Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVB SDN Mranggen 4. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang menggunakan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mranggen 4 dengan subjek penelitian siswa kelas IVB SDN Mranggen 4 sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan Ngain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media interaktif flipbook berbasis adobe animate cc layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 78,12%, dan kategori layak berdasarkan ahli materi sebesar 75%. Dari angket tanggapan siswa diperoleh persentase 87,29% dengan kriteria sangat layak dan dari angket tanggapan guru diperoleh presentase 92,5% sangat layak. Hasil uji t yaitu thitung = 12,9370 > ttabel = 2,04522, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interaktif flipbook berbasis adobe animate cc efektif digunakan pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Hal ini diperkuat oleh N-gain data pretest dan posttest sebesar 0,4250 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif flipbook berbasis adobe animate cc layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPA kelas IVB. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media interaktif flipbook berbasis adobe animate cc pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Interaktif flipbook, Hasil belajar, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:17
Last Modified: 22 Sep 2021 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46696

Actions (login required)

View Item View Item