PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN PUNDENARUM 3 DEMAK
Ida Pratiwi, 1401416146 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN PUNDENARUM 3 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN PUNDENARUM 3 DEMAK)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah memilih atau menentukan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumentasi permasalahan yang dihadapi siswa kelas IV SDN Pundenarum 3 adalah siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Guru belum menggunakan media yang menarik pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif audio visual. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pundenarum 3 Demak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pundenarum 3 Demak pada bulan Agustus 2020. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan media interaktif audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pundenarum 3 Demak. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji paired t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media interaktif audio visual mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli materi sebesar 84,6% dengan kriteria layak dan ahli media sebesar 82,2% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil menunjukkan rata-rata pretest 63,3 dan postest 88,3 dengan n-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, pada uji kelompok besar menunjukkan ratarata pretest 64,6 dan postest 81,1 dengan n-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Pada pengujian t-test menunjukkan adanya perbedaan yitu hasil postest lebih besar dari hasil pretest. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif audio visual layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran dan menambah fasilitas media pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar IPS, media pembelajaran, audio visual |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 02:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 02:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46695 |
Actions (login required)
View Item |