PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON MATERI PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KABUPATEN JEPARA


Nihlatus Shofiyyah, 1401416144 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON MATERI PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON MATERI PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KABUPATEN JEPARA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON MATERI PENJAJAHAN BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan tujuan agar siswa menjadi aktif serta mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Berdasarkan data pra penelitian yang dilaksanakan di SDN 2 Pendosawalan Jepara melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa nilai hasil akhir IPS Kelas V SDN 2 Pendosawalan Jepara menunjukkan dari 37 siswa hanya 17 siswa (46%) yang tuntas dan 20 siswa (54%) tidak tuntas atau di bawah KKM serta ditemukan masalah bahwa terbatasnya sumber belajar pada buku guru dan buku siswa dan penggunaan media pada pembelajaran IPS, serta tidak optimalnya pemanfaatan sarana LCD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media powtoon pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model pengembangan dan prosedur penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 tahapan pengembangan media yaitu, (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Pendosawalan Jepara yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powtoon sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil penilaian ahli media sebesar 91,7% dan ahli materi sebesar 89%. Selain itu media powtoon efektif digunakan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung 9,173 > t tabel 2,028, maka Ha diterima dan hasil uji peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,4144 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media powtoon untuk meningkatkan hasil belajar sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi penjajahan bangsa Indonesia. Saran penelitian selanjutnya media pembelajaran dapat dikembangkan kembali pada materi lain dengan perencanaan yang lebih matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar; IPS; media powtoon
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:53
Last Modified: 22 Sep 2021 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46694

Actions (login required)

View Item View Item