PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN INOVATIF SNAKE ZONE BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS V SDN 02 PESAGI PATI
Sinta Devi, 1401416219 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN INOVATIF SNAKE ZONE BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS V SDN 02 PESAGI PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN INOVATIF SNAKE ZONE BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP SISWA KELAS V SDN 02 PESAGI PATI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dari hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas V SDN 02 Pesagi Pati pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 melalui wawancara, observasi dan data dokumen diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran muatan SBdP belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dikarenakan sarana prasarana yang belum memadai. Berdasarkan pemasalahan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran permainan inovatif Snake Zone berbasis outdoor learning pada muatan SBdP yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; dan (2) mengetahui hasil validasi media. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Pesagi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran permainan inovatif Snake Zone berbasis outdoor learning dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa; (2) media tergolong sangat valid digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli media sebesar 96,88% dan ahli materi sebesar 96,67%. Simpulan dari penelitian ini media pembelajaran permainan inovatif Snake Zone berbasis outdoor learning valid digunakan daam pembelajaran SBdP kelas V SDN 02 Pesagi. Saran yang disampaikan yaitu guru dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran permainan inovatif Snake Zone sesuai dengan panduan penggunaan media pembelajaran permainan inovatif Snake Zone agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : media pembelajaran; pendidikan seni tari; permainan inovatif;outdoor learning; Snake Zone |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46692 |
Actions (login required)
View Item |