KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS MAWARDI KENDAL
Dhiya’ Ulhaq, 1401416241 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS MAWARDI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUPEL IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS MAWARDI KENDAL)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil prapenelitian di SDN Gugus Mawardi Kendal pada kelas IV menunjukkan pembelajaran yang diterapkan masih kurang dalam partisipasi aktif siswa, sehingga hasil belajar pada muatan pembelajaran IPS kurang optimal dibandingkan perolehan nilai dari muatan pembelajaran lainnya. Peneliti meyakini bahwa pembelajaran akan efektif dengan menerapkan model pembelajaran yang relevan dan inovatif, salah satunya model pembelajaran Problem Based Learning. Selain itu diperlukan juga media pembelajaran untuk mendukung dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gugus Mawardi Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gugus Mawardi Kendal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pretest-posttest dan nontes berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji independent sample t-test hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung = 3,546 > t tabel = 1994, dan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (0,424 > 0,235) kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan media flipchart efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Gugus Mawardi Kendal. Saran agar guru bisa menerapkan model pembelajaran yang memotivasi partisipasi siswa seperti penerapan model Problem Based Learning berbantuan media flipchart sehingga hasil belajar siswa optimal. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), media flipchart, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), media flipchart, hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46689 |
Actions (login required)
View Item |