KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WAHID HASYIM KABUPATEN KENDAL


Firdausya Amalia, 1401416188 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WAHID HASYIM KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WAHID HASYIM KABUPATEN KENDAL] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS WAHID HASYIM KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan prapenelitian di SDN Gugus Wahid Hasyim, Kabupaten Kendal. Ditemukan permasalahan pada materi menulis puisi merupakan permasalahan yang ditandai dengan nilaimasih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran mind mapping terhadapketerampilan menulis puisi kelas IV SDN Gugus Wahid Hasyim. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, desain quasi experimental design, dan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Setelah diuji homogenitas dan normalitasnya, ditentukan kelas IV SDN Sendang Sikucing sebagai kelas eksperimen, di kelas itu guru memberikan pembelajran model mind mappingberbantuan gambar, sedangkan pada kelas IV SDN 1Gempolsewu sebagai kelas kontrol, guru menerapkan model pembelajaran langsung. Pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Hasil uji hipotesis tentang keterampilan menulis puisi dengan perhitungan menggunakan uji t berpasangan berbantuan program SPSS versi 22, keterampilan menulis kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,007< 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan menulis puisi pada pretest dan posttest. Sedangkan kelas kontrol menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model mind mapping efektif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Gugus Wahid Hasyim. Saran yang dapatpenulissampaikanadalah guru dapat menggunakan model pembelajaran mind mappinguntukditerapkandalampembelajaranbahasaIndonesia agar tujuanpembelajarandapattercapai khususnya dalam materi keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : model mind mapping, gambar,keterampilan menulis puisi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:48
Last Modified: 22 Sep 2021 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46688

Actions (login required)

View Item View Item