KEEFEKTIFAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA
Selfiana, 1401416183 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan prapenelitian di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Kebumen melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa pembelajaran membaca pemahaman belum terlaksana dengan maksimal, terlihat dari hasil membaca pemahaman siswa yang masih rendah. Faktor penyebabnya antara lain guru belum menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, minat baca siswa masih rendah, dan kesulitan untuk memahami teks bacaan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect berbantuan Powerpoint untuk memberikan alternatif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Masalah penelitian adalah bagaimanakah keefektifan model pembelajaran SQ4R berbantuan media powerpoint terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji keefektifan model pembelajaran SQ4R berbantuan powerpoint terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian Quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group design.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Sampel penelitian adalah kelas V SDN Ambalkumolo sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Ayamputih sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SQ4R berbantuan powerpoint efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Hasil uji t menggunakan Independent Sample T-Test menunjukkan jika nilai (2-tailed) <0,05, yaitu kolom (2-tailed) sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan N-Gain kelas kontrol termasuk kriteria rendah dan kelas eksperimen termasuk kriteria sedang. Simpulannya model pembelajaran SQ4R berbantuan media powerpoint lebih efektif dibandingkan dengan model diskusi kelompok dengan metode ceramah terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kebumen. Penerapan model pembelajaran SQ4R berbantuan powerpoint diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Model SQ4R, membaca pemahaman, powerpoint |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 00:45 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 00:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46687 |
Actions (login required)
View Item |