PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PADA MUATAN SBDP MATERI TARI KREASI DAERAH KELAS IV SDN SRONDOL WETAN 04 SEMARANG
Alia Pryzqy, 1401416159 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PADA MUATAN SBDP MATERI TARI KREASI DAERAH KELAS IV SDN SRONDOL WETAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PADA MUATAN SBDP MATERI TARI KREASI DAERAH KELAS IV SDN SRONDOL WETAN 04 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian di SDN Srondol Wetan 04 Semarang berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran SBdP materi tari kreasi daerah terkait keterbatasan media dan sumber pembelajaran serta penggunaan fasilitas berbasis teknologi yang hanya digunakan untuk menampilkan media gambar saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain, (1) bagaimana cara mengembangkan media video pembelajaran berbasis budaya; (2) bagaimana kelayakan media video pembelajaran berbasis budaya; dan (3) bagaimana keefektifan media video pembelajaran berbasis budaya. Berdasarkan rumusan tersebut tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) mengkaji cara mengembangkan media video berbasis budaya; (2) menguji kelayakan media video pembelajaran berbasis budaya; dan (3) menguji keefektifan media video pembelajaran berbasis budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model dari Borg & Gall berdasarkan sumber dari Sugiyono dengan 8 tahap yaitu: (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi berasal dari siswa kelas IV SDN Srondol Wetan 04 Semarang dengan sampel berjumlah 6 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk berupa uji kelayakan media, analisis data awal berupa uji normalitas, dan analisis data akhir berupa t-test dan Ngain. Berdasarkan hasil penelitian, media video pembelajaran berbasis budaya sangat layak digunakan dengan bukti presentase oleh ahli media mencapai 90% dan kelayakan isi oleh ahli materi mencapai 90,6%. Uji perbedaan rata-rata dengan uji t memperoleh nilai sig. (2-tailed) mencapai 0,003 < 0,050 dengan kesimpulan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Data pretest dan posttest saat diuji peningkatan rata-rata (N-gain) memperoleh hasil sebesar 0,501 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian yang diambil adalah bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis budaya layak dan efektif digunakan pada pembelajaran SBdP materi tari kreasi daerah. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media video pembelajaran berbasis budaya pada materi tari kreasi daerah dengan pembahasan yang lebih matang agar siswa dapat mengembangkan keterampilan dan kreativitasnya dibidang seni tari. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran; Tari Kreasi Daerah; Berbasis Budaya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Video Pembelajaran; Tari Kreasi Daerah; Berbasis Budaya |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 00:19 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 00:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46686 |
Actions (login required)
View Item |