PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBANTUAN LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PURWOYOSO SEMARANG


Prilla Anggia Putri, 1401416158 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBANTUAN LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PURWOYOSO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBANTUAN LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PURWOYOSO SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBANTUAN LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV SDN 01 PURWOYOSO SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa muatan SBdP di kelas I SD Negeri Pundungan Klaten belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini dikarenakan belum adanya inovasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi hanya menggunakan buku guru dan buku siswa. Hal tersebut berdampak pada kurangnya motivasi dan konsentrasi siswa serta berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar psikomotorik siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa permainan edukatif Dubi pada muatan SBdP yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; dan (2) mengetahui hasil kelayakan media. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono meliputi langkah: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) produk akhir. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Pundungan Klaten berjumlah 26 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data mencakup analisis data produk dengan menggunakan uji deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berupa permainan edukatif Dubi dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli media sebesar 94,37% yaitu dari ahli media pertama memperoleh presentase sebesar 95% dan ahli media kedua memperoleh presentase sebesar 93,75%, serta presentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 92,5% . Selain itu media permainan edukatif Dubi tergolong sangat layak berdasarkan tanggapan guru dengan presentase sebesar 93%. Simpulan penelitian ini yaitu media permainan edukatif Dubi layak digunakan dalam muatan SBdP materi gerak anggota tubuh menirukan untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan diminati oleh siswa. Kata kunci: media; permainan edukatif; Dubi, SBdP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media; permainan edukatif; Dubi, SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:15
Last Modified: 22 Sep 2021 00:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46685

Actions (login required)

View Item View Item