HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Indah Arumdayani, 1401416143 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kecerdasan dan semangat belajar siswa terdapat dua aspek utama, yaitu eksternal dan internal. Berdasarkan data pra penelitian, wawancara, dokumentasi, dan hasil observasi diketahui bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa kelas IV SDN di Kecamatan Mijen Kota Semarang perlu ditingkatkan, serta hasil belajar IPS yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini ialah menguji ada atau tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS; menguji ada atau tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV berjumlah 166 siswa. Teknik sampling menggunakan propotional random sampling dengan sampel sebanyak 116 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obesrvasi dan angket untuk memperoleh data variabel kecerdasan emosional serta variabel motivasi belajar. Dokumentasi dan wawancara untuk memperoleh data variabel hasil belajar IPS. Analisis data menggunakan statiskita deskriptif, analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,859 kategori sangat kuat. Terdapat hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,652 kategori kuat. Terdapat hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,884 kategori sangat kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kecematan Mijen Kota Semarang. Disarankan guru sebaiknya melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan motivasi belajar dan membimbing siswa agar lebih baik dalam memahami dirinya dan orang lain. Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2021 00:09
Last Modified: 22 Sep 2021 00:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46684

Actions (login required)

View Item View Item