PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 02 METESEH


Eko Prasetyo, 1401416137 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 02 METESEH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 02 METESEH] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MUATAN IPS KELAS IV SDN 02 METESEH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kurangnya penggunaan media dan model pembelajaan yang inovatif pada muatan pelajaran IPS di kelas IV SDN 02 Meteseh. Hal tersebut berakibat pada kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS sehingga hasil belajar siswa pada muatan IPS rendah dan belum optimal. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media video pembelajaran interaktif berbantuan model Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran interaktif berbantuan model Teams Games Tournament. Menguji kelayakan dan keefektifan media pada muatan IPS kelas IV SDN 02 Meteseh. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu: analisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Subyek penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SD N 02 Meteseh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menemukan permasalahan serta bukti pendukung; angket untuk menganalisis kebutuhan dan tanggapan; dan tes untuk menguji hasil penelitian. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran interaktif berbantuan model Teams Games Tournament layak digunakan dengan persentase skor penilaian komponen kelayakan isi materi 90% dan kelayakan penyajian media 92%. Pada uji t diketahui terdapat perbedaan rata-rata pada hasil pretest dan posttetst. Pada uji N-gain diketahui terdapat peningkatan rata-rata pada hasil pretest dan posttetst sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif berbantuan model pembelajaran Teams Games Tournament sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran interaktif berbantuan model Teams Games Tournament diharapkan dapat menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Video Pembelajaran Interaktif; Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 23:33
Last Modified: 21 Sep 2021 23:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46683

Actions (login required)

View Item View Item