HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI MONTASE SISWA KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN PATI


Erika Fitriyani, 1401416128 (2020) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI MONTASE SISWA KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI MONTASE SISWA KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN PATI] PDF (HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SBdP MATERI MONTASE SISWA KELAS IV SD GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN KAYEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi di SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Kayen ditemukan beberapa masalah yaitu kondisi lingkungan belajar yang kurang mendukung, siswa belum mempunyai kreativitas tinggi, keadaan kelas kurang kondusif, pemahaman siswa mengenai materi montase masih rendah, kurangnya fasilitas belajar di sekolah, dan hasil belajar SBdP materi montase masih rendah dibuktikan dengan dokumentasi nilai ulangan harian. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menguji hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar SBdP materi montase; (2) Menguji hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase; (3) Menguji hubungan lingkungan belajar dan kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Kayen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Pengambilan sampel penelitianmenggunakan teknik sampling jenuh yang artinya mengambil sampel dari seluruh jumlah populasi karena jumlah populasi relative kecil. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi ganda, uji signifikansi, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Adanya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar SBdP materi montase sebesar 41,7%; 2) Adanya hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase kontribusi sebesar 43,5%; 3) Adanya hubungan lingkungan belajar dan kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase sebesar 56%. Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar SBdP materi montase, kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase, serta lingkungan belajar dan kreativitas siswa dengan hasil belajar SBdP materi montase siswa kelas IV SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Kayen Pati. Saran penelitian ini, untuk seluruh orang tua dan guru agar lebih memberikan perhatian kepada siswa khususnya dukungan terhadap lingkungan belajar sehingga kreativitas anak dapat meningkat dan hasil belajar SBdP materi montase juga meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar montase, kreativitas siswa, lingkungan belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 23:27
Last Modified: 21 Sep 2021 23:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46682

Actions (login required)

View Item View Item