KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI ANYAMAN KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA


DEVI NOVIYATI, 1401416126 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI ANYAMAN KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI ANYAMAN KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP MATERI ANYAMAN KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Seni Rupa pada siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma belum menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa aktif berperan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model STAD berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan kelas V SDN Wates 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Podorejo 02 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 76 siswa, teknik sampel yang digunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda. Teknik Analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir. Pada analisis data akhir atau pengkajian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji-t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P < 0.05 dan Thitung = 6.094 sedangkan nilai Ttabel = 1.99, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh hasil uji N-Gain ranah kognitif yang menunjukkan peningkatan kelas eksperimen yaitu 0,57 (kriteria sedang), sedangkan kelas kontrol 0,19 (kriteria rendah). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media audiovisual efektif diterapkan dalam pembelajaran Seni Rupa materi Anyaman pada kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Kecamatan Ngaliyan dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol. Saran dalam penelitian yaitu, hendaknya model STAD berbantuan media audivisual dapat diterapkan dalam pembelajaran seni rupa agar guru dapat memaksimalkan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keefektifan; Model STAD; Media Audiovisual; Hasil Belajar; Materi Anyaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 23:23
Last Modified: 21 Sep 2021 23:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46681

Actions (login required)

View Item View Item