ENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN POKOK PIKIRAN SISWA KELAS V SDN WONOSARI 02


Karlina Febriyanti, 1401416114 (2020) ENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN POKOK PIKIRAN SISWA KELAS V SDN WONOSARI 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN POKOK PIKIRAN SISWA KELAS V SDN WONOSARI 02] PDF (ENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN POKOK PIKIRAN SISWA KELAS V SDN WONOSARI 02) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana pengembangan dan kelayakan media buku saku dalam pembelajaran menemukan pokok pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media buku saku yang layak dalam pembelajaran menemukan pokok pikiran pada siswa kelas V SD. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Wonosari 02 dengan menggunakan observasi, wawancara, dan data dokumen informasi yang di dapatkan bahwa kemampuan dan minat membaca siswa masih rendah dalam materi menemukan pokok pikiran pembelajaran Bahasa Indonesia, tidak hanya itu dalam proses pembelajaran terdapat keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development (R&D) dari model pengembangan Sugiyono yang disederhanakan menyesuaikan keadaan saat penelitian, langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan produk akhir. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik non-tes meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: media buku saku dalam pembelajaran menemukan pokok pikiran dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media dan guru dengan presentase komponen kelayakan isi ahli materi 92,5% dengan kriteria sangat layak, komponen kelayakan penyajian ahli media 97% dengan kriteria sangat layak dan penilaian guru terhadap komponen kelayakan isi materi 87,5% dengan kriteria sangat layak serta penilaian guru terhadap komponen kelayakan penyajian media 95% dengan kriteria sangat layak . Simpulan hasil penelitian ini media buku saku dalam pembelajaran menemukan pokok pikiran sangat layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Saran yang disampaikan yaitu media buku saku dapat dijadikan alternatif media pendukung dalam sumber pembelajaran di sekolah, guru mengembangkan buku saku yang bervariasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: buku saku; menemukan pokok pikiran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 23:14
Last Modified: 21 Sep 2021 23:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46679

Actions (login required)

View Item View Item