KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN PENGETAHUAN BARU TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS GATOTSUBROTO
Oktaviani Ika Rahayu, 1401416108 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN PENGETAHUAN BARU TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS GATOTSUBROTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN PENGETAHUAN BARU TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS GATOTSUBROTO)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kurang tepatnya guru dalam menggunakan model pembelajaran di kelas menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menemukan pengetahuan baru teks nonfiksi. Guru menggunakan model yang hanya berpusat pada guru, sehingga keaktifan siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model discovery learning berbantuan media kartu terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar keterampilan menemukan pengetahuan baru teks nonfiksi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model discovery learning berbantuan media kartu karena model ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar serta kemampuan memperluas wawasan berdasarkan karakteristik dan usia anak sehingga diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dapat meningkat. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Gatotsubroto dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Leyangan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Kalirejo 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji-t test menunjukan bahwa skor sig. (2-tailed) yaitu 0,000>0,05 sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media kartu efektif. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,18<0,60). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Kemudian, pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 85,42% dibandingkan kelas kontrol yaitu 77%. Simpulan dari penelitian ini yaitu model discovery learning berbantuan media kartu efektif digunakan dalam keterampilan menemukan pengetahuan baru teks nonfiksi. Saran bagi guru yaitu hendaknya memilih model inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemilihan model yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: discovery learning, media kartu, nonfiksi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 23:08 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 23:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46678 |
Actions (login required)
View Item |