HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


Danella Sianturi, 1401416086 (2020) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat keberhasilan pada kemampuan berpikir kritis siswa Kelas V SDN Kecamatan Tugu Kota Semarang masih belum optimal, dikarenakan beberapa faktor eksternal yakni perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis SDN Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Tugu Kota Semarang. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sebanyak 102 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan, teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat data dan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori rendah dengan koefisien korelasi 0,275; (2) tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori sedang dengan koefisien korelasi 0,480; (3) tidak adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori sedang dengan koefisien korelasi 0,485. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Kecamatan Tugu, Kota Semarang. disarankan orang tua untuk memberi waktu nya dalam mengawasi belajar siswa dan guru hendaknya menciptakan aktivitas yang menarik pada pembelajaran dan menguji siswa dengan soal bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : perhatian orang tua, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 22:53
Last Modified: 21 Sep 2021 22:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46676

Actions (login required)

View Item View Item