PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN WONOBODRO 2


Azka Rizkila Huda, 1401416067 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN WONOBODRO 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN WONOBODRO 2] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS LOKAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN WONOBODRO 2) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Wonobodro 2 melalui wawancara, observasi, dan data dokumentasi diperoleh informasi bahwa bahan ajar membaca yang digunakan masih belum memanfaatkan lingkungan scekitar siswa sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Kelemahan dari buku teks bacaan yang terdapat di sekolah adalah masih terdapat contoh-contoh yang tidak ada di lingkungan siswa dan contohcontoh yang diberikan tidak sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa sehingga siswa tidak memiliki pengetahuaan awal atau pondasi terhadap materi yang akan dipelajari. Sehingga pembelajaran kurang bermakna karena siswa tidak mempelajari contoh nyata dari peristiwa, keragaman lokal, regional, atau hal-hal yang dekat dengan kehidupan siswa. Penelitian pengembangan bahan ajar membaca berbasis lokal Batang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca berbasis lokal yang didalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman Kabupaten Batang yang dekat dengan keseharian dan kehidupan siswa SDN Wonobodro 2 serta untuk menguji kelayakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono dan telah disesuikan oleh peneliti. Tahapan model pengembangan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti mengingat adanya wabah virus Covid-19 di wilayah Batang. Langkah tersebut terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, validasi produk oleh ahli dan guru kelas, produk akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Presentase penilaian dari ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar membaca berbasis lokal Batang layak digunakan dengan perolehan nilai 88%. Presentase penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar membaca berbasis lokal Batang layak digunakan dengan perolehan nilai 92%. Presentase penilaian dari ahli bahasa menunjukkan bahwa bahan ajar membaca berbasis lokal Batang layak digunakan dengan perolehan nilai 92%. Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Membaca berbasis lokal layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Simpulan dalam penelitian pengembangan ini adalah terselesaikanya pengembangan bahan ajar membaca berbasis lokal untuk siswa kelas IV SDN Wonobodro 2 yang telah memenuhi kriteria Sangat Layak. Saran untuk guru dan penlitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berbasis lokal dalam bentuk lainya yang lebih bervariasi dan menarik agar hasil belajar pemahaman siswa dapat meningkat sesuai target yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : bahan ajar membaca, berbasis lokal, membaca pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 22:42
Last Modified: 21 Sep 2021 22:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46675

Actions (login required)

View Item View Item