PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI


Indah Widuri Handayani, 2404415005 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK TEMA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK USIA DINI)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya pemilihan media pembelajaran untuk anak usia dini serta penggunaan media secara berulang yang mengakibatkan peserta didik mudah merasa bosan dalam belajar bahasa Mandarin. Selain itu diperlukan pengembangan media yang kreatif dan inovatif yang dapat digunakan untuk belajar sambil bermain serta memudahkan dalam mengingat kosakata disetiap pembelajaran. Meskipun pembelajaran bahasa Mandarin sudah menggunakan media sebagai pengantar, tetapi tidak semua media bisa digunakan untuk belajar sambil bermain, dan juga media yang digunakan masih besifat umum. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya mengembangkan media yang berupa Busy Book. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis kebutuhan guru terhadap media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini, 2) Mengetahui prosedur pengembangan media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini, dan 3) Mengetahui hasil validasi ahli terhadap media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini yang dikembangkan oleh penulis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa pendidik menghendaki adanya pengembangan media baru yang kreatif, inovatif dan efektif yang dilengkapi dengan permainan kecil di setiap halamannya. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata keseluruhan 8,5 dengan skor 3 yang berarti media layak untuk digunakan, sedangkan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk Busy Book mendapat nilai rata-rata keseluruhan 93.9 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan. Media kemudian diperbaiki sesuai saran perbaikan yang diberikan para ahli pada aspek-aspek tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, Busy Book, kosakata, bahasa Mandarin
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 22:08
Last Modified: 21 Sep 2021 22:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46670

Actions (login required)

View Item View Item