TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA KELAS IV EDISI REVISI 2018


Margi Tri Wulandari, 1401416055 (2020) TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA KELAS IV EDISI REVISI 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA KELAS IV EDISI REVISI 2018] PDF (TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF BUKU REFERENSI PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA KELAS IV EDISI REVISI 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks harus memiliki kualitas yang baik, jelas, dan sesuai aturan kurikulum yang sedang berlaku. Hal ini dikarenakan dalam buku teks terdapat materi ajar, soal latihan, soal evalusi, dan soal pengayaan. Soal-soal tes yang digunakan dalam pengukuran haruslah baik dan memiliki validitas yang tinggi, termasuk soal-soal yang terdapat dalam buku teks. Melalui telaah penilaian ranah kognitif, dapat ditinjau kualitas soal-soal yang terdapat pada buku pendamping materi sehingga proses penilaian kognitif akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi instrumen penilaian ranah kognitif buku referensi pendalaman materi matematika kelas IV revisi 2018 dari aspek materi, konsruksi, dan bahasanya serta distribusi jenjang ranah kognitif Taksonomi Blom pada butir soal. Penelitian dilakukan pada jenjang kelas IV di SD Negeri Terlangu 01 dan SD Negeri Terlangu 02. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampel Purposive. Hasil penelitian menunjukkan: (1) soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Referensi Pendalaman Materi kelas IV materi pengukuran sudut, pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa berkategori sangat tinggi, dengan rentang nilai validitas isi antara 0,80-1,00 berkategori sangat tinggi; (2) analisis distribusi jenjang ranah kognitif soal latihan pilihan ganda pada Buku Referensi Pendalaman Materi kelas IV materi pengukuran sudut, yaitu 4 (26,66%) butir soal berjenjang mengingat (C1), 6 (40%) butir soal berjenjang memahami (C2), dan 5 (33,33%) butir soal berjenjang menerapkan (C3). Hasil distribusi jenjang ranah kognitif soal-soal latihan uraian yaitu, 1 (6,66%) berjenjang mengingat (C1), 5 (33,33%) butir soal berjenjang memahami (C2), 9 (60%) butir soal berjenjang mengaplikasikan (C3). Simpulan penelitian, instrumen penilaian ranah kognitif soal pilihan ganda dan uraian yang terdapat pada Buku Referensi Pendalaman Materi Matematika kelas IV materi Pengukuran Sudut ditinjau dari aspek materi, konstruksi dan bahasa berkategori sangat tinggi serta memeiliki kualitas yang baik dan distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda dan uraian kurang merata, terdapat soal berjenjang mengetahui (C1) tidak dimunculkan. Disarankan kepada kepala sekolah hendaknya lebih selektif dalam menentukan buku ajar yang digunakan sebagai buku pendamping dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instrumen Penilaian; Ranah Kognitif; Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 17:24
Last Modified: 21 Sep 2021 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46668

Actions (login required)

View Item View Item