PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GRIBIG GEBOG KUDUS


Amelia Dewanti, 1401416049 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GRIBIG GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GRIBIG GEBOG KUDUS] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GRIBIG GEBOG KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas IV di SDN 1 Gribig Gebog Kudus menggunakan media pembelajaran yang terbatas, pemahaman konkret siswa yang kurang, konsentrasi siswa yang rendah, dan kurangnya latihan siswa dalam materi pembelajaran. Guru hanya menggunakan gambar dan benda-benda di lingkungan sekolah sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah spesifikasi produk pengembangan dan kelayakan media, serta bagaimanakah keefektifan media flash card berbantuan edutainment terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media, serta menguji keefektifan media flash card berbantuan edutainment terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Gribig Gebog Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash card berbantuan edutainment sangat layak digunakan. Hal tersebut ditunjukkan dengan presentase pada kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 90,625% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 77,77%. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan thitung sebesar 13,533 dan ttabel sebesar 2,025. Apabila thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,455 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media flash card berbantuan edutainment layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Gribig Gebog Kudus pada materi gaya. Saran penelitian selanjutnya pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain sehingga dapat dijadikan sumber belajar bagi siswa dan guru dapat memanfaatkan media yang lebih baik untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: flash card; edutainment; IPA; media pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 17:21
Last Modified: 21 Sep 2021 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46667

Actions (login required)

View Item View Item