HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI


Ela Yunita, 1401416043 (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI] PDF (HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas Pendidikan Indonesia harus diperhatikan, mengingat perkembangan tantangan globalisasi di abad 21. Seiring dengan berbagai upaya peningkatan kualitas pendidikan, selalu terdapat faktor yang menyebabkan kendala dalam pendidikan, terutama di Sekolah Dasar. Ditemukan permasalahan di SDN Gugus Kartini Kecamatan Jaken Kabupaten Pati ditunjukkan dengan perolehan nilai PTS siswa kelas IV pada wawancara guru dan dokumentasi, teridentifikasi faktor yang memengaruhi kurang optimalnya hasil belajar IPS siswa yaitu kurang optimalnya gaya belajar dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menguji hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kecamatan Jaken; (2) untuk menguji hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kecamatan Jaken; (3) untuk menguji hubungan gaya belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 121 siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kecamatan Jaken, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linear sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan gaya belajar dengan hasil belajar IPS, dengan rhitung sebesar 0,631 dan kontribusi 39,8%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar dengan hasil belajar IPS, dengan rhitung sebesar 0,660 dan kontribusi 43,5%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan gaya belajar dan minat belajar secara bersamasama terhadap hasil belajar IPS, dengan rhitung sebesar 0,760 dan kontribusi 57,7%. Simpulan dari penelitian ialah terdapat hubungan gaya belajar dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Kartini Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Saran dari peneliti yaitu agar guru lebih memperhatikan gaya belajar siswa dan mampu meningkatkan minat belajar supaya siswa dapat belajar dengan optimal sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: gaya belajar, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 17:17
Last Modified: 21 Sep 2021 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46666

Actions (login required)

View Item View Item