HUBUNGAN LITERASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK


Dewi Mashitoh, 1401416041 (2021) HUBUNGAN LITERASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN LITERASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK] PDF (HUBUNGAN LITERASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji hubungan literasi dengan hasil belajar IPS; (2) Menguji hubungan media audio visual (video) dengan hasil belajar IPS; (3) Menguji hubungan literasi dan media audio visual (video) secara bersamaan terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini ialah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik dalam 6 SD Negeri di Gugus Imam Bonjol Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak yakni sebanyak 129 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu non tes berupa angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat, analisis deskriptif, analisis pengujian hipotesis, Signifikansi/Uji F, regresi linier sederhana, regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara literasi dengan hasil belajar IPS Kelas IV, dibuktikan hasil rhitung = 0,620 dan rtabel = 0,1443: (2) Terdapat hubungan yang positif antara media audio visual (video) dengan hasil belajar IPS Kelas IV, dibuktikan hasil rhitung = 0,632 dan rtabel = 0,1443; (3) Terdapat hubungan literasi dan media audio visual (video) secara bersamaan dengan hasil belajar IPS kelas IV, hasil rhitung = 0,701 dan nilai rtabel = 0,1443. Simpulan terdapat hubungan yang positif antara literasi dan media audio visual (video) secara bersamaan dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Gugus Imam Bonjol Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Saran dalam penelitian ini yaitu sekolah sebaiknya melengkapai sarana prasarana yang dibutuhkan peserta didik seperti kelengkapan buku di perpustakaan, media belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi, Media Audio Visual (Video), Hasil Belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 17:13
Last Modified: 21 Sep 2021 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46665

Actions (login required)

View Item View Item