KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR TARI KREASI APUSE SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG


Hajijah Anggriyani, 1401416028 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR TARI KREASI APUSE SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR TARI KREASI APUSE SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR TARI KREASI APUSE SISWA KELAS IV SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tari kreasi Apuse siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang belum menerapkan model pembelajaran SAVI yang memaksimalkan penggunaan suluruh indra dalam pembelajaran serta belum menerapkan media flashcard. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dan hasil keefektifan model SAVI berbantuan media flashcard pada siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan kelas IV SDN Purwoyoso 03 sebagai kelas eksperimen dan SDN Purwoyoso 04 sebagai kelas kontrol dengan 73 siswa, teknik sampel cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Tes hasil belajar berupa pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda dan rubrik unjuk kerja. Teknik Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data akhir. Analisis data akhir atau pengkajian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian yaitu uji-t menunjukkan thitung = 2,91 > ttabel =1,66, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Didukung hasil uji N-Gain ranah kognitif menunjukkan peningkatan kelas eksperimen yaitu 0,47 (kriteria sedang), sedangkan kelas kontrol 0,36 (kriteria sedang) dan ranah psikomotorik kelas eksperimen diperoleh 0,36 (kriteria sedang), sedangkan di kelas kontrol diperoleh 0,35 (kriteria sedang). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, model pembelajaran SAVI berbantuan media flashcard efektif diterapkan dalam tari kreasi Apuse kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Saran dalam penelitian yaitu, hendaknya model pembelajaran SAVI berbantuan media flashcard dapat diterapkan dalam tari kreasi Apuse agar dapat berlangsung dengan efektif dan inovatif. Kata kunci : hasil belajar; tari kreasi Apuse; keefektifan; model pembelajaran SAVI; media flashcard

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hasil belajar; tari kreasi Apuse; keefektifan; model pembelajaran SAVI; media flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 17:03
Last Modified: 21 Sep 2021 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46662

Actions (login required)

View Item View Item