PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KREATIF TENTANG KEBERAGAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN NGADIRGO 03 MIJEN


Doni Vianda Putra, 1401415422 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KREATIF TENTANG KEBERAGAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN NGADIRGO 03 MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KREATIF TENTANG KEBERAGAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN NGADIRGO 03 MIJEN] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KREATIF TENTANG KEBERAGAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN NGADIRGO 03 MIJEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (Susanto, 2016:137), adalah ilmu pengetahuan yang membahas berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang memberi pengetahuan dan pemahaman yang mendalam kepada siswa tingkat dasar sampai menengah. Berdasarkan prapenelitian di kelas IV A SDN Ngadirgo 03 Mijen, diperoleh hasil bahwa guru hanya menggunakan gambar kecil dan media seadanya serta gambar kurang menyeluruh ke siswa dalam proses pembelajaran, sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran ular tangga kreatif pembelajaran untuk memudahkan siswa memahami materi dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan dan kelayakan media, serta bagaimana keefektifan media pembelajaran ular tangga kreatif tentang keberagaman untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN Ngadirgo 03 Mijen, sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media, menguji kelayakan, dan mengetahui keefektifan dari media pembelajaran ular tangga kreatif tentang keberagaman dalam muatan pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini yaitu SDN Ngadirgo 03 Mijen, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas IV A SDN Ngadirgo 03 Mijen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji produk media dalam pembelajaran, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kelayakan media dan analisis keefektifan media pembelajaran ular tangga kreatif tentang keberagaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga kreatif muatan IPS materi keragaman rumah adat dinyatakan “sangat layak” oleh kedua ahli yaitu oleh ahli materi 95,38%, dan oleh ahli media 87%. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji t diperoleh thitung 11,08296825 dan ttabel sebesar 2,034515287. Peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,4556 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran ular tangga kreatif layak dan dinyatakan efektif dalam proses pembelajaran yang terdapat pada (halaman 148). Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu perlu pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran ular tangga kreatif muatan pelajaran IPS materi keragaman rumah adat untuk melengkapi kekurangan dan keterbatasan pembahasan materi dalam media pembelajaran ular tangga kreatif tersebut. Kata kunci: IPS; keragaman rumah adat; permainan ular tangg

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: IPS; keragaman rumah adat; permainan ular tangga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 16:31
Last Modified: 21 Sep 2021 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46660

Actions (login required)

View Item View Item