ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA CITA-CITAKU DENGAN KURIKULUM 2013


Lutfi Maulana Ramadhan, 1401415207 (2020) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA CITA-CITAKU DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA CITA-CITAKU DENGAN KURIKULUM 2013] PDF (ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA CITA-CITAKU DENGAN KURIKULUM 2013) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah mengeluarkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, subtansi Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa sebelum pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Cita-citaku (edisi revisi tahun 2017) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, kecukupan referensial, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) KI dan KD pada buku guru dan buku siswa sudah sesuai dengan kurikulum 2013; (2) KI pada buku guru sudah termuat ke dalam semua kegiatan pembelajaran; (3) Pemetaan KD pada buku guru sudah sesuai dengan kurikulum 2013; (4) pada beberapa tujuan pembelajaran, unsur ABCD masih kurang lengkap, tidak menggunakan kata kerja operasional, banyak muatan perilaku lebih dari satu, dan terdapat kesalahan redaksional; (5) pada beberapa kegiatan pembelajaran, terdapat langkah pembelajaran yang kurang lengkap; (6) pada penilaian, tidak ditemukan panduan penilaian sikap, aspek yang dinilai dengan teknik dan instrumen yang digunakan kurang sesuai; (7) pada kesesuaian materi terdapat beberapa materi yang kurang sesuai; (8) kecakupan materi sudah cukup lengkap; serta (9) keakuratan materi sudah akurat. Saran yang diberikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis terlebih dahulu pada sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran, guru dalam melaksanakan pembelajaran juga tidak hanya berpatok pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada Buku Guru, penulis serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan, seperti Buku Guru dan Buku Siswa pada Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 15:51
Last Modified: 21 Sep 2021 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46654

Actions (login required)

View Item View Item