PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Adevia, 1401415144 (2020) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis setiap individu berbeda-beda tergantung faktor yang mempengaruhinya. Banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis puisi seseorang, salah satunya adalah penguasaan kosakata dan minat baca. Penguasaan kosakata adalah pemahaman seseorang terhadap suatu kata sehingga dapat menggunakan dengan tepat, sedangkan minat baca adalah kecenderungan seseorang yang senang akan kegiatan membaca. Semakin banyak seseorang menguasai kosakata maka semakin banyak pilihan kata yang dapat digunakan untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis erat hubungannya dengan keterampilan membaca. Semakin sering seseorang membaca maka semakin berkembang pula keterampilan menulisnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Dokter Soetomo Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, sebanyak 195 siswa. Sampel penelitian sebanyak 132 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling dengan jenis propotionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas residual, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan kosakata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 28,5%; (2) Minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa dengan sumbangan pengaruh 34,9%; (3) Penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 49,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata dan minat baca berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar se-Gugus Dokter Soetomo Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka sebaiknya pihak sekolah dan guru hendaknya memerhatikan dan meningkatkan penguasaan kosakata dan minat baca siswa, dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan menulis, kosakata, minat baca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 15:42
Last Modified: 21 Sep 2021 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46652

Actions (login required)

View Item View Item