PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS III SD NEGERI KLEPU 02)


Muhammad Zulfikar Amiruddin, 14014151011 (2020) PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS III SD NEGERI KLEPU 02). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS III SD NEGERI KLEPU 02)] PDF (PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI KASUS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS III SD NEGERI KLEPU 02)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusi adalah layanan pendidikan umum yang ada di dalamnya terdapat anak berkebutuhan khusus dan anak normal lainnya bersama-sama untuk melakukan pembelajaran. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui kegiatan wawancara , observasi, angket, dan data dokumentasi di SD Negeri Klepu 02 pada siswa kelas III terdapat permasalah dalam pelaksanaan pendidikan inklusi yang disebabkan oleh kurangnya tenaga pendidik yang kompeten dibidangnya dan kurangnya sarana prasarana yang mendukung. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran sama dengan model dan kurikulum yang diberikan kepada siswa regular, sehingga dalam pelaksanaannya belum optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi hambatan yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusi di kelas III SD Negeri Klepu 02 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru dalam mengatasi hambatan yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusi di kelas III SD Negeri Klepu 02 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa di SD Negeri Klepu 02 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang sampel penelitian adalah siswa berkebutuhan khusus di kelas III, guru kelas, kepala SD Negeri Klepu 02 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan yang dilalui oleh guru sekolah inklusi di SD Klepu kurangnya tenaga pendidik yang kompeten dan kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah menjadi rintangan yang berat bagi guru kelas.. Sarana dan prasarana di sekolah belum mendukung. Dan upaya yang diberikan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan tambahan pelajaran yang khusus diperuntukkan kepada siswa berkebutuhan khusus setiap hari setelah waktu pelajaran di sekolah selesai. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan pendidikan inklusi di SD Negeri Klepu 02 yang diberikan oleh guru di SD Negeri Klepu 02 terlaksana secara maksimal. Saran penelitian selanjutnya adalah penambahan tenaga pendidik yang kompeten dan menggunakan kurikulum dan model pembelajaran yang cocok untuk siswa berkebutuhan khusus adalah hal yang diperlukan untuk sekarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pendidikan inklusi; Sekolah Inklusi; Siswa Berkebutuhan Khusus; Pelayanan pendidikan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 15:37
Last Modified: 21 Sep 2021 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46651

Actions (login required)

View Item View Item