KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARI YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MELAGUKAN TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS IV SD GUGUS PATTIMURA KOTA SEMARANG
Ali Fiana Raharjayanti, 1401414468 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARI YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MELAGUKAN TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS IV SD GUGUS PATTIMURA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DARI YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MELAGUKAN TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS IV SD GUGUS PATTIMURA KOTA SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Media merupakan sebuah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas agar apa yang dijelaskan oleh guru lebih mudah dipahami oleh siswa dan membuat suasana kelas tidak membosankan. Terdapat berbagai macam bentuk media pembelajaran, salah satunya adalah media video. Namun untuk membuat sebuah video pembelajaran dibutuhkan waktu yang cukup lama dan diperlukan pengeditan hingga video siap ditunjukkan oleh siswa. Maka alternatif yang dapat dipilih adalah menunjukkan pada siswa video pembelajaran dari YouTube. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini yaitu 234 siswa kelas IV SD Gugus Pattimura Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini dengan teknik cluster sampling dengan area keluharan Pleburan, yaitu kelas 25 siswa kelas IV SD Negeri Pleburan 01 sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas IVB SDIT Al Firdaus sebagai kelas eksperimen. Variabel terikatnya adalah keterampilan menyimak dan melagukan tembang macapat. Variabel bebasnya adalah media video pembelajaran dari YouTube. Berdasarkan uji independent sample t-test nilai thitung ˃ ttabel yaitu 6,08 ˃ 2,05. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dan pembelajaran yang lebih baik antara kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dari YouTube dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media teks. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,53, sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 62,80. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dari YouTube lebih efektif daripada media teks terhadap keterampilan menyimak dan melagukan tembang macapat siswa kelas IV. Saran penelitian yaitu penggunaan media dalam pembelajaran di kelas sebaiknya dapat memberikan pengalaman langsung untuk siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dengan pembelajaran bahasa Jawa di kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: media, video pembelajaran dari YouTube, keterampilan menyimak, keterampilan melagukan, tembang macapat |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 15:31 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 15:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46650 |
Actions (login required)
View Item |