PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL


Muhammad Alkautsar, 1401414392 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; PPKn. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SD Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, diperoleh informasi hasil belajar yang berbeda-beda dan memiliki rentang nilai yang cukup jauh antara beberapa siswa.Adapun faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, yaitu kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah mengetahui kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penulisan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penulisan ini adalah seluruh siswa kelas V di 7 SD Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal yang sejumlah 175 siswa dengan jumlah sampel 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Analisis deskriptif data digunakan untuk mengetahui nilai indeks pertanyaan dan indikator pada variabel kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Uji prasyaratyang digunakan meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PPKn dengan sumbangan sebesar 36,2%; (2) terdapat pengaruh signifikan kreativitas guru dengan prestasi belajar PPKn dengan sumbangan 39,5%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn dengan sumbangan pengaruh sebesar 46,1%. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan kepada sekolah, lingkungan keluarga, dan masyarakat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 15:24
Last Modified: 21 Sep 2021 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46649

Actions (login required)

View Item View Item