PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS


Yuliana Nur Afifah, 1401414112 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS] PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

4. Kata Kunci : Disiplin Belajar; Hasil Belajar; Motivasi Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang terjadi akibat adanya pengalaman melalui pengetahuan dan keteramilan yang diperoleh secara bertahap. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal berasal dari dalam diri peserta didik, yang meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi, disiplin belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Bisma Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Bisma Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, sebanyak 203 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 134 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratifed random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara tidak terstuktur, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis indeks, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, uji t, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan thitung > ttabel (4,878 > 1,978) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 15,3%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan thitung > ttabel (5,515 > 1,978) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 18,7%; (3) terdapat pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung > Ftabel (16,755 > 2,670) dan besar sumbangan pengaruh sebesar 20,4%; (4) terdapat hubunagn antara motivasi dan disiplin belajar sebesar 0,696. Dapat disimpukan bahwa motivasi dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memerhatiakan dan membimbing siswa untuk mengembangkan motivasi dan disiplin belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Disiplin Belajar; Hasil Belajar; Motivasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 14:58
Last Modified: 21 Sep 2021 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46647

Actions (login required)

View Item View Item