PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VI SD DI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL


Rizkyana Amaliah Devi, 1401414095 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VI SD DI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VI SD DI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VI SD DI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Belajar, Motivasi, Orang tua, Perilaku, Pola Asuh, Siswa. Salah satu keberhasilan pembelajaran dapat diketahui dari perilaku belajar siswa. Ada beberapa faktor yang memengaruhi perilaku belajar, diantaranya pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Perbedaan pola asuh orang tua yang diterapkan orang tua dan motivasi belajar yang dimiliki siswa dapat menghasilkan perilaku belajar yang berbeda-beda pula. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap perilaku belajar siswa kelas VI SD di Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di tujuh SD yang berada di Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal yang berjumlah 203 siswa. Sampel penelitian sebanyak 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data setiap variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi, uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku belajar sebesar 9,7%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap perilaku belajar sebesar 55,1%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai koefiensi R sebesar 0,324; dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap perilaku belajar sebesar 55,7%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa kelas VI SD di Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan bagi guru, sekolah, dan penulis lanjutan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Belajar, Motivasi, Orang tua, Perilaku, Pola Asuh, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 14:01
Last Modified: 21 Sep 2021 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46646

Actions (login required)

View Item View Item