PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PRODUKSI CERITA SEDERHANA PADA MATERI PIWULANG SERAT WULANGREH PUPUH SINOM


Azila Putri Rahayu, 2601416034 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PRODUKSI CERITA SEDERHANA PADA MATERI PIWULANG SERAT WULANGREH PUPUH SINOM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PRODUKSI CERITA SEDERHANA PADA MATERI PIWULANG SERAT WULANGREH PUPUH SINOM] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PRODUKSI CERITA SEDERHANA PADA MATERI PIWULANG SERAT WULANGREH PUPUH SINOM)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah sebaiknya dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yang berupa lembar kerja. Hal tersebut dikarenakan latihan yang terdapat pada buku teks masih terbatas macamnya. Hingga kini belum ada buku khusus untuk materi Serat Wulangreh Pupuh Sinom yang berisi lembar kerja dengan berbagai latihan soal untuk siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami isi, amanat tembang serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu maka diperlukan pengembangan lembar kerja untuk melengkapi buku teks yang sudah ada, khususnya untuk pembelajaran materi tembang kelas VII di SMP N 1 Paguyangan. Adapun tujuan penelitian ini dilihat dari permasalahan tersebut, antara lain (1) menjelaskan tingkat kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi Serat Wulangreh Pupuh Sinom untuk pembelajaran kelas VII di SMP N 1 Paguyangan, (2) menjelaskan bentuk prototipe terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi Serat Wulangreh Pupuh Sinom untuk pembelajaran kelas VII di SMP N 1 Paguyangan, dan (3) menjelaskan hasil uji validasi terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi Serat Wulangreh Pupuh Sinom untuk pembelajaran siswa kelas VII SMP N 1 Paguyangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan lima langkah penelitian, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji validasi ahli, dan 5) revisi produk akhir. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Sumber data diambil dari siswa, guru, ahli materi, dan ahli media. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menjelaskan data secara apa adanya/nyata. Hasil penelitian ini antara lain, (1) siswa dan guru membutuhkan lembar kerja untuk mempermudah siswa dalam memahami isi, amanat, dan dapat menerapkan amanatnya. (2) judul produk yang dikembangkan adalah lembar kerja Serat Wulangreh Pupuh Sinom. produk diuji kelayakan sesuai aspek materi dan media; dan (3) produk diperbaiki sesuai saran dari ahli materi dan ahli media, sehingga lembar kerja layak digunakan untuk pembelajaran tembang. Berdasarkan hasil penelitian, produk ini juga mempunyai model soal yang membuat siswa berfikir kritis dan kreatif dalam membuat cerita sederhana sesuai dengan pitutur tembang. Oleh sebab itu, produk ini bisa digunakan dalam pembelajaran materi Piwulang Serat Wulangreh Pupuh Sinom. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut tentang lembar kerja Serat Wulangreh Pupuh Sinom untuk menyempurnakan produk ini dengan menguji keefektifan produk agar nantinya menjadi lebih baik jika digunakan untuk pembelajaran tembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja, Serat Wulangreh
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 12:35
Last Modified: 21 Sep 2021 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46645

Actions (login required)

View Item View Item