KEEFEKTIFAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PANGEMPON KABUPATEN PURBALINGGA


Anggun Fajar Nugroho, 1401413567 (2020) KEEFEKTIFAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PANGEMPON KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PANGEMPON KABUPATEN PURBALINGGA] PDF (KEEFEKTIFAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SDN 2 PANGEMPON KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu 52 dengan rincian siswa kelas V SDN 2 Pangempon berjumlah 28 dan siswa kelas V SDN 3 Kejobong berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, seluruh siswa kelas IV akan dijadikan sebagai sampel. Analisis data yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa serta keefektifan minat dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan, minat belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 91,43% sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 72,99%. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari posttest kelas eksperimen rata-rata nilainya adalah 85,93, sedangkan kelas kontrol adalah 79,29. Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing efektif terhadap minat dan hasil belajar PKn materi pemerintahan pusat kelas V SD. Untuk kelanjutan dari penelitian ini diharapkan guru, kepala sekolah, dan peneliti lain dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada proses belajar mengajarnya Hasil uji perbedaan minat belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung = 3,947 dan ttabel = 2,008 (thitung > ttabel), sehingga H0 ditolak. Hasil uji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung = 2,677 dan ttabel = 2,008 (thitung > ttabel ), sehingga H0 ditolak. Hasil uji keefektifan minat belajar menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa thitung = 8,166 dan ttabel = 2,052 (thitung > ttabel ), sehingga H0 ditolak. Hasil uji keefektifan hasil belajar menggunakan rumus one sample t test menunjukkan bahwa thitung = 4,147 dan ttabel = 2,008 (thitung > ttabel ), sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa serta terdapat hubungan yang positif dan kuat antara minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: hasil belajar, kancing gemerincing, minat belajar, pembelajaran kooperatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 10:13
Last Modified: 21 Sep 2021 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46639

Actions (login required)

View Item View Item