PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA STICK FIGURE UNTUK SISWA KELAS 3 SDN KRAPYAK


Maratus Sholekah, 1401413464 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA STICK FIGURE UNTUK SISWA KELAS 3 SDN KRAPYAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA STICK FIGURE UNTUK SISWA KELAS 3 SDN KRAPYAK] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENYUSUN PARAGRAF DENGAN MEDIA STICK FIGURE UNTUK SISWA KELAS 3 SDN KRAPYAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah guru masih kurang maksimal dalam penggunaan bahan ajar yang telah tersedia untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan rendahnya nilai siswa yang hanya 14 siswa dari 31 siswa yang mencapai KKM. Selain itu guru masih kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian peneliti mengembangkan buku panduan menyusun paragraf dengan media stick figure untuk siswa kelas 3. Tujuan penelitian yaitu (1) mengembangkan buku panduan menyusun paragraf dengan media stick figure untuk siswa SD kelas 3, (2) mengetahui uji kelayakan buku panduan menyusun paragraf dengan media stick figure untuk siswa SD kelas 3, dan (3) mengetahui keefektifan buku panduan menyusun paragraf dengan media stick figure untuk siswa SD kelas 3. Penelitian ini menggunakan teori Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah, yaitu (1) pengukuran kebutuhan, (2) menetapkan rancangan produk, (3) uji coba rancangan, (4) iji coba skala kecil, (5) revisi hasil uji coba skala kecil, (6) menguji keefektifan terbatas, (7) menyempurnakan produk dan dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil uji keefektifan. Data diperoleh melalui angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari hasil ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian pengembangan sebagai berikut (1) hasil kebutuhan guru dan siswa diperoleh jawaban yaitu a) isi buku panduan sesuai dengan sk dan kd, b) penyajian buku panduan harus urut dari tujuan pembelajaran, materi runtut, desain buku menarik, ada soal evaluasi, c) kegrafikan meliputi ukuran buku B5, bentuk buku persegi panjang, warna kertas putih, sampul berwarna cerah, ada ilustrasi, dan ketebalan buku <20 halaman, d) bahasa baku dan kalimat bervariasi; (2) hasil penelitian ahli memperoleh nilai akhir 145 nilai tersebut dikonversikan ke tabel kriteria validasi ahli media dan ahli materi tergolong sangat valid; (3) hasil uji keefektifan terbatas siswa kelas 3 SDN krapyak memperoleh nilai rata-rata 81 kategori sangat valid

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 08:56
Last Modified: 21 Sep 2021 08:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46637

Actions (login required)

View Item View Item