KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KYAI MOJO KABUPATEN KUDUS


Dwi Enggar Trisnawati, 1401413383 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KYAI MOJO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KYAI MOJO KABUPATEN KUDUS] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS KYAI MOJO KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi dan dokumentasi di SDN Gugus Kyai Mojo, pembelajaran di kelas belum optimal, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif secara optimal, serta tidak semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar PKn siwa kelas IV SDN Gugus Kyai Mojo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling, SDN 2 Gondoharum sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 5 Gondoharum sebanyak 16 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran teams games tournament efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus Kyai Mojo Kabupaten Kudus. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 80,14 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 70,44. Hal ini menunjukkan skor gain kelas eksperimen sebesar 0,47 (sedang) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,24 (rendah). Hasil uji-t menunjukkan nilai > (3,262 > 2, 045), sehingga Ha diterima yaitu, model pembelajaran teams games tournament efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus Kyai Mojo Kabupaten Kudus. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran teams games tournament berbantuan media powerpoint efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus Kyai Mojo Kabupaten Kudus. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan model teams games tournament pada pembelajaran PKn karena dengan menerapkan model tersebut siswa dapat terlihat lebih aktif di dalam kelas dan memperoleh pembelajaran yang bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar; PKn; keefektifaan; model teams games tournamen
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 08:28
Last Modified: 21 Sep 2021 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46636

Actions (login required)

View Item View Item