ANALISIS PENGGUNAAN KATA 就 JIÙ DALAM BAHASA MANDARIN


Annisa’ Zumrotussholikhah, 2404416009 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN KATA 就 JIÙ DALAM BAHASA MANDARIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN KATA 就 JIÙ DALAM BAHASA MANDARIN] PDF (ANALISIS PENGGUNAAN KATA 就 JIÙ DALAM BAHASA MANDARIN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti ingin membahas tentang kata keterangan (副词 fùcί), kata kerja (动词 dòngcί) kata depan (介 词 jiѐ cί) yang salah satu contohnya adalah kata 就 (jiù). Kata就 (jiù) merupakan kata yang sering sekali muncul dalam pembelajaran bahasa mandarin, namun kata tersebut tidak memiliki arti secara langsung kedalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia, sehingga untuk memudahkan dalam pembelajaran kata 就 (jiù) diartikan sudah, langsung, baru saja, lalu, maka dan masih banyak lagi sesuai konteks kalimatnya. Karena dalam pembelajaran bahasa mandarin kata就 (jiù) merupakan salah satu kata penting yang wajib diketahui serta bagaimana dipahami posisinya dalam sebuah kalimat, sehingga peneliti merasa sangat penting untuk menganalisis penggunaan kata 就 (jiù) dalam kalimat. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui kata 就 (jiù) dalam kalimat sebagai 副词 fùcί (kata keterangan), kata 就 (jiù) sebagai 动词 dòngcí(kata kerja), dan kata 就 (jiù) sebagai介词 jiѐcί (kata depan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan buku HSK 4 新HSK考试辅导教程4级terbitan 北京鑫海金奥有限公司sebagai sumber data dalam melakukan analisis. Terdapat sumber data lainnya yaitu jurnal-jurnal terkait penelitian tentang kata 就. Berdasarkan penelitian dari hasil analisis penggunaan kata就 ( jiù), sebanyak 37 pertanyaan dalam kuesioner, dosen ahli membubuhkan tanda di kolom 3 (akurat) sebanyak 25 tanda, sebanyak 9 tanda pada kolom 2 (kurang akurat) serta 3 tanda pada kolom 1 (tidak akurat).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kata ,就, Bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:31
Last Modified: 21 Sep 2021 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46634

Actions (login required)

View Item View Item