PEMATUHAN DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM PREMAN PENSIUN THE MOVIE


Mulyo Lestari, 2111416026 (2020) PEMATUHAN DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM PREMAN PENSIUN THE MOVIE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMATUHAN DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM PREMAN PENSIUN THE MOVIE] PDF (PEMATUHAN DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM PREMAN PENSIUN THE MOVIE)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Film menjadi media audio visual yang didalamnya mengisahkan tentang kisah nyata maupun fiktif yang dapat dijadikan sebagai gambaran kehidupan di masyarakat. Dalam sebuah film terdapat percakapan yang dituturkan oleh para pemainnya, akan tetapi tidak semua percakapan mematuhi prinsip percakapan utamanya prinsip kerja sama. Pelanggaran prinsip kerja sama sering terjadi dalam film yang bergenre komedi. Hal ini dikarenakan pelanggaran itulah yang menyebabkan sebuah percakapan menjadi lucu, tetapi tidak menutup kemungkinan dalam film bergenre komedi juga masih terdapat pematuhan prinsip kerja sama. Film Preman Pensiun The Movie menjadi salah satu film bergenre komedi yang terdapat pelanggaran sekaligus pematuhan sehingga film ini menyajikan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama yang dapat dijadikan pengetahuan oleh masyarakat. Dalam penelitian ini mengkaji beberapa masalah yaitu (1) pematuhan bidal-bidal prinsip kerja sama, (2) pelanggaran bidal-bidal prinsip kerja sama, dan (3) implikatur yang terdapat dalam film “Preman Pensiun The Movie”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi bidal-bidal yang dipatuhi, dilanggar, dan menemukan implikatur yang terdapat dalam film Preman Pensiun The Movie. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan yang terdapat dalam film Preman Pensiun The Movie, sedangkan data dalam penelitian ini adalah penggalan percakapan yang terdapat dalam film Preman ix Pensiun The Movie yang diduga mengandung bidal-bidal yang mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode heuristik dan metode padan pragmatis. Hasil dari penelitian ini ditemukan bentuk pematuhan prinsip kerja sama meliputi bidal kuantitas, bidal kualitas, bidal relevansi, dan bidak cara. Kemudian bentuk pelanggaran prinsip kerja sama terjadi pada bidal bidal kuantitas, bidal kualitas, bidal relevansi, dan bidal cara. Adapun implikatur dalam penelitian ini meliputi implikatur menyatakan, implikatur memberikan informasi, implikatur menuduh, implikatur mengingatkan, implikatur memastikan, implikatur kekhawatiran, dan implikatur mengejek. Bagi pembaca yang ingin mengetahui mengenai contoh percakapan yang mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama dapat melihat percakapan dalam film Preman Pensiun The Movie ini sebagai salah satu referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pematuhan prinsip kerja sama, pelanggaran prinsip kerja sama, implikatur, film Preman Pensiun The Movie
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:25
Last Modified: 21 Sep 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46633

Actions (login required)

View Item View Item