KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO


Sayidatul Khoiriah, 2601413005 (2020) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO] PDF (KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL PRAU LAYAR ING KALI OPAK KARYA BUDI SARDJONO)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah sosial timbul akibat adanya kesenjangan yang terjadi di dalam masyarakat. Salah satu masalah sosial yang timbul dalam masyarakat ini adalah faktor kemiskinan. Tak jarang pengarang memilih tema sosial ini dan menyisipkan pendapat dan kritikannnya melaui karya sastra yang dibuatnya contohnya melaui novel. Peneliti mengkaji novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Novel ini merupakan salah satu novel terbaru Budi Sardjono yang tergolong baru diterbitkan tahun 2018 dan belum ada yang meneliti. Dalam novelnya Budi Sardjono mengkritisi bahwa faktor ekonomi menjadi sumber dari banyaknya permasalahan yang muncul di masyarakat. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) unsur pembangun dalam novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono; 2) bentuk kritik sosial yang ada dalam novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Alasan pertama unsur pembangun dikaji terlebih dahulu adalah karena diduga dalam unsur pembangun tersebut ditemukan adanya kritik sosial. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur pembangun dan mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra sebagai pendekatan teoretis, serta pendekatan deskripif kualitatif sebagai pendekatan metodologis. Data pada penelitian ini berupa kutipan novel berupa kalimat atau paragraf yang memuat unsur pembangun dan kritik sosial. Sumber data penelitian ini adalah novel Prau Layar ing Kali Opak karya Budi Sardjono. Teknik pengumpulan data menggunakan pembacaan heuristik dan hermeneutik dilanjutkan dengan teknik catat. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra Wellek dan Warren. Hasil penelitian ini yaitu unsur pembangun novel yang berupa a) tema; b) alur; c) tokoh dan penokohan; dan d) latar. Kritik sosial yang terdapat pada penelitian ini yaitu a) kritik terhadap sikap masyarakat terhadap kearifan lokal dan adat; b) kritik tentang kejahatan; c) kritik tentang kemanusiaan; d) kritik tentang sikap masyarakat terhadap lingkungan; e) kritik terhadap kemiskinan; dan f) kritik terhadap pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kritik sosial; unsur pembangun; sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: aris setiono perpustakaan
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:19
Last Modified: 21 Sep 2021 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46632

Actions (login required)

View Item View Item