PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG


Nurhidayatulloh, 1401413337 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP-UP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN SEKARAN 02 KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (Susanto, 2016:137), adalah ilmu pengetahuan yang membahas berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang memberi pengetahuan dan pemahaman yang mendalam kepada siswa tingkat dasar sampai menengah. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas V SDN Sekaran 02, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, diketahui bahwa hasil belajar IPS materi peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media, menguji kelayakan, dan mengetahui keefektifan dari media pembelajaran buku pop-up tentang peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi muatan IPS di kelas V SD Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dilaksanakan dengan mengacu model pengembangan menurut Borg & Gall (dalam Sugiyono, 2015:407) meliputi tahap pengumpulan informasi permasalahan dan pemecahan masalah, desain produk, validasi produk, uji coba produk. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dengan Uji normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui proses validasi produk oleh ahli materi diperoleh nilai 88,3% dengan kategori sangat layak dan oleh ahli media diperoleh nilai 83,3% dengan kategori layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai pretest dan postest menggunakan uji t berpasangan diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, peristiwa sekitar proklamasi, buku pop-up
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:12
Last Modified: 21 Sep 2021 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46625

Actions (login required)

View Item View Item