PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Alfi Agustina Rachmani, 1401413325 (2020) PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL] PDF (PENGARUH MINAT DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS V SD NEGERI SE-DABIN V KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kreativitas terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas V SD Negeri se-Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 194 siswa dengan sampel 134 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikoliniearitas, dan uji heteroskedastisitas, serta uji analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (7,262 > 1,977); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,854 > 1,977); (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (32,757 > 3,065); (4) besarnya pengaruh minat terhadap hasil belajar 28,5%; (5) besarnya pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar 26,2 %; dan (6) besarnya pengaruh minat belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar 33,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memberikan saran bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar seni tari dengan lebih bersemangat dalam belajar, bagi guru agar memacu minat dan kreativitas belajar siswa dengan mencontohkan sikap positif dalam proses pembelajaran, bagi sekolah dengan meningkatkan kerjasama antar guru agar tercipta suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih maksimal, dan bagi penulis lanjutan diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dan menyempurnakan penelitian ini dengan meneliti lebih dalam lagi sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, kreativitas, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:26
Last Modified: 21 Sep 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46620

Actions (login required)

View Item View Item